Sabtu, 17 September 2011

Resume Pemrograman Web - Pertemuan 1

Definisi HTML

HTML singkatan dari Hyper Text Markup Language, html bukanlah merupakan bahasa pemrograman melainkan bahasa markup, sedangkan bahasa markup sendiri adalah seperangkat tag markup yang digunakan html untuk menjelaskan halaman web.

HTML adalah sekumpulan simbol-simbol atau tag-tag yang dituliskan dalam sebuah file yang dimaksudkan untuk menampilkan halaman pada web browser . tag-tag tadi memberitahu browser bagaimana menampilkan halaman web dengan lengkap kepada pengguna 

Menggunakan Tag pada HTML
 
Beberapa contoh penggunaan tag HTML,
Contoh
Hasil
<b>Ini tulisan tebal</b>
Ini tulisan tebal
<i>Ini tulisan miring</i>              
Ini tulisan miring
<u>Ini tulisan bergaris bawah</u>            
Ini tulisan bergaris bawah
Ini baris 1<br>Ini baris 2              
Ini baris 1

Ini baris 2
Ini garis horizontal <hr>
Ini garis horizontal

Ada beberapa tag yang memilki atribut didalamnya, seperti tag <font>, <table>, <input> dansebagainya. Pada tag font ia memiliki beberapa atribut diantaranya atribut: color, size, face. Untuk lebih memahami atribut lihatlah contoh berikut ini :

<font color=”red” face=”Arial” size=”12”>Ini Font Arial berwarna merah dan berukuran 12
pt</font>

hasil ->  Ini Font Arial berwarna merah dan berukuran 12 pt
- Atribut color digunakan untuk menentukan warna tulisan.
- Atribut face digunakan untuk menentukan jenis huruf. 
- Atribut size digunakan untuk menentukan ukuran huruf.

Sejarah dan Perkembangan HTML
  • Sejarah html berawal pada tahun 1980 ketika IBM berniat membuat bahasa kode untuk menggabungkan teks dengan perintah pemformatan agar mengenali elemen dokumen. Bahasa yang menggunakan tanda-tanda ini dinamakan markup language, sedangkan IBM membernya nama Generalized Markup Language (GML).
  • Namun pada tahun 1986, ISO mengeluarkan standarisasi bahasa markup berdasarkan GML dengan nama Standard Generalized Markup Languange (SGML). Bahasa SGML ini kemudian banyak digunakan di dunia penerbiatan dan percetakan.
  • Pada tahun 1989, Caillau Tim bekerja sama dengan Barners Lee Robert,ketika mereka di CERN, sebuah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa, mencoba mengembangkan SGML. Dari merekalah lahir HTML atau hyper text markup language, yang dugunakan untuk membuat halaman website. HTML dipopulerkan pertama kali oleh browser Mosaic.
  • Sejak tahun 1990, bahasa pemformatan ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Apalagi sejak tahun 1996, World Wide Web Consortium (W3C) turut mengembangkan html dan mengeluarkan versi html 3.2. sejak saat itu, html digunakan sebagai bahasa standart internet yang dikendalikan penggunaannya oleh W3C. 
 
Definisi CSS

CSS (Cascading Style Sheet ) adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mempermudah pembuatan suatu tampilan sebuah website.

Tampilan yang dimaksud disini adalah jenis, ukuran, dan warna font; jarak antara
baris dan panjangnya, marjin dan indentasi, background dan warna, serta masih
banyak lagi

Manfaat dari CSS:
1. Kode HTML menjadi lebih sederhana dan lebih mudah diatur,
2. Ukuran file menjadi lebih kecil, sehingga load file lebih cepat,
3. Mudah untuk merubah tampilan, hanya dengan merubah file CSS saja,
4. Dapat berkolaborasi dengan JavaScript dan merupakan pasangan setia
XHTML,
5. Digunakan dalam hampir semua web browser.
  
Sejarah dan Perkembangan CSS

Pada tanggal 17 Desember 1996, World Wide Web Consortium (W3C) menjadikan
CSS sebagai bahasa pemrograman standard dalam pembuatan dokumen web.
Tujuannya adalah mengurangi pembuatan TAG-TAG baru oleh Netscape dan Internet Explorer (IE), karena pada masa itu kedua browser saling bersaing mengembangkan TAG sendiri untuk mengatur tampilan web.
CSS level 1 mendukung pengaturan tampilan dalam hal:
  1. Font (jenis, ketebalan),
  2. Warna teks, latar belakang, dan elemen lainnya, 
  3. Text attributes, misalnya spasi antar baris, kata, dan huruf, 
  4. Posisi text, gambar, tabel, dan elemen lainnya, 
  5. Marjin, border, dan padding,
Selanjutnya di tahun 1998, W3C menyempurnakan CSS awal dengan menciptakan
standard CSS2 (CSS level 2) – yang menjadi standard hingga saat ini. Pada CSS level 2 ini, di masukkan semua atribut dari CSS1, serta diperluas dengan penekanan pada
International accesibility and capability khususnya media-specific CSS.
Bahkan pada perkembangannya, saat ini sudah muncul CSS3. Pekerjaan dari CSS3
dimulai pada tahun 2000, tidak lama setelah CSS2 di implementasikan. CSS3 ini sampai sekarang masih terus dikembangkan, spesifikasinya dibagi pada beberapa topik atau modul.

Definisi Scripting

Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi-aplikasi yang dijalankan diatas teknologi web yang pada umumnya akan memberikan hasil pada web browser. bahasa scripting mudah terpasang pada html.

Sejarah 
Pada awal era komputer mainframe tahun 1950-an, komputer-komputer pada masa tersebut tidak bersifat interaktif, semua proses dilakukan secara batch (serangkaian instruksi diekseskusi dalam satu proses). IBM Job Control Language (JCL) merupakan salah satu bahasa skrip tertua yang diketahui digunakan untuk mengontrol proses batch.
Antar muka interaktif berbasis text pertama dikembangkan sejak tahun 1960-an yang memungkinkan pengguna secara langsung berinteraksi dengan komputer-komputer tersebut, setiap perintah yang diketikkan oleh pengguna akan langsung dieksekusi oleh sistem, pengguna juga dapat memanfaatkan fasilitas interaktif tersebut untuk menulis instruksi-instruksi dalam satu berkas yang dapat dieksekusi oleh sistem sebagai proses batch.
Bahasa-bahasa pemrograman tertentu seperti Tcl dan Lua secara spesifik didisain sebagai bahasa skrip untuk keperluan umum yang dapat disisipkan sebagai pustaka ke dalam aplikasi utama sehingga menyediakan fitur eksekusi skrip dalam berbagai jenis aplikasi. Bahasa lainnya seperti Visual Basic (VBA) menyediakan integrasi yang erat dengan fasilitas otomatisasi sistem dengan sejumlah fitur serta kapabilitas yang cukup kaya yang memungkinkan administrator sistem melakukan banyak hal terkait dengan sistem secara terotomatisasi, meski demikian keberadaan fitur serta kapabilitas ini seringkali pula dimanfaatkan oleh sekelompok tertentu untuk membuat virus komputer.
Beberapa perusahaan perangkat lunak menyediakan sejumlah bahasa skrip pada produk yang mereka pasarkan. peramban web modern saat ini umumnya menyediakan bahasa skrip yang ditujukan untuk membuat fitur-fitur tambahan atas peramban tersebut termasuk menyediakan fasilitas yang memungkinkan skrip tersebut berinteraksi dengan pengguna, contoh bahasa skrip yang paling umum digunakan dalam kasus ini adalah JavaScript, atau XUL.

 Referensi:

1. Ebook Gratis:
    Astamal, Rio .2005. Mastering Kode HTML Edisi Kedua.
    Dapat di download : DOWNLOAD
 
Lebaran acc dosen:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More