Resume :Pertemuan 5
Mata Kuliah : Sistem Informasi Terpadu
Dosen : Panca Rahardiyanto, S.Kom
AKTIVITAS - AKTIVITAS LOGISTIK LANJUTAN....
5. PENANGANAN MATERIAL (MATERIAL HANDLING)
· Penanganan material berhubungan dengan setiap aspek gerakan atau aliran bahan baku, barang setengah jadi, dan barang jadi dalam pabrik atau gudang.
Tujuan penanganan material, antara lain :
- Menyederhanakan sistem penanganan apapun yang memungkinkan
- Meminimalkan jarak tempuh
- Meminimalkan kerugian akibat pembuangan, kerusakan, dan pencurian
- Perusahaan akan mengeluarkan biaya setiap saat dilakukan penanganan barang. Bila dirasakan penanganan tidak memberikan nilai bagi sebuah produk, maka seharusnya di buat seminimum mungkin.
- Untuk barang-barang dengan nilai unit yang rendah, proporsi biaya penanganan material untuk biaya total produk merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan.
6. PROSES PEMESANAN (ORDER PROCESSING)
Komponen-komponen order processing :
- Elemen operasional (Operational Elements)\
- Elemen komunikasi (Communication Elements)
- Kredit dan elemen pengumpulan (Credit and Collection Elements)
· Penggunaan komputer dapat membantu mengurangi waktu yang diperlukan diantara proses pemesanan dan pengiriman produk.
- Sistem komunikasi, meskipun pada awalnya mahal bagi perusahaan, tetapi banyak membantu dalam meningkatkan keakuratan proses pemesanan dan menghemat waktu.
- Biasanya penghematan biaya-biaya logistik atau peningkatan penjualan yang diperoleh dari perbaikan pelayanan kepada pelanggan, akan seimbang dengan biaya dari sistem pemesanan yang terkomputerisasi.
7. PENGEMASAN (PACKAGING)
Fungsi pengemasan :
· Melindungi produk dari kerusakan ketika akan disimpan atau diangkut
· Pengemasan yang baik dapat memudahkan penyimpanan, serta pemindahan produk, sehingga mengurangi biaya penanganan material
· Dapat memudahkan dalam mengidentifikasikan produk dan material
Yang perlu diperhatikan :
· Dalam melakukan fungsinya, pengemasan memakan tempat dan waktu
8. KOMPONEN - KOMPONEN DAN PELAYANAN PENDUKUNG (PARTS AND SERVICE SUPPORT)
· Salah satu aktivitas pemasaran dalam perusahaan adalah memberikan pelayanan pasca penjualan kepada pelanggan.
· Memiliki cadangan persediaan dan bagian-bagian pengganti sangat penting bagi aktivitas service dan perbaikan.
· Logistik bertanggung jawab meyakinkan bahwa cadangan persediaan dan bagian-bagian pengganti tersedia kapanpun dan dimanapun pelanggan membutuhkannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar